Pentingnya Analisa Usaha Sebelum Cari Kerja Sampingan

Siapa bilang analisa usaha hanya dibutuhkan untuk bisnis besar? Bagi yang sedang Cari Kerja Sampingan tetap membutuhkan analisa agar pekerjaan yang dipilih nantinya bisa memberikan cari kerja sampingandampak positif bukan saja bagi keuangan, namun bagi keberlanjutan kehidupan di berbagai aspek untuk jangka panjang.

Pada dasarnya analisa usaha yang dilakukan bertujuan untuk menghindari diri dari kerugian yang akan terjadi, juga memudahkan berbagai tahapan bisnis mulai dari perencanaan hingga monitoring usaha. Berangkat dari konsep ini juga, siapapun yang butuh penghasilan tambahan harus benar-benar yakin akan pilihan kerja sampingan dan pada akhirnya menuai keuntungan yang signifikan untuk menambah pundi keuangan. Lantas sejauh mana analisa usaha ini penting?

Cari Kerja Sampingan Lebih Mudah Dengan 4 Poin Analisa Usaha

Merujuk pada beberapa analisa usaha yang dilakukan oleh para pakar ekonomi, secara garis besar ada empat point penting agar Anda bisa men-cari kerja sampingan yang tepat. Yaitu aspek kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.

  • Kekuatan.

Anda bisa melakukan analisa terhadap kekuatan dari sebuah pekerjaan yang akan geluti. Mulai dari latar belakang pekerjaan tersebut, sejauh mana orang-orang sebelum Anda bisa berhasil saat melakukan pekerjaan tersebut. Dan sejauh mana pekerjaan tersebut memberikan dampak signifikan bagi aspek ekonomi pelakunya.

  • Kelemahan.

Ketika Anda mengetahui kelemahan sebuah pekerjaan, maka Anda bisa dengan cepat men-cari kerja sampingan lain yang lebih memiliki kemungkinan untuk membuat Anda sukses. Misalnya, Anda melihat pekerjaan A akan menyita banyak waktu Anda, maka Anda bisa mencari pekerjaan B yang lebih fleksibel, sehingga pada akhirnya Anda mendapatkan pekerjaan sampingan dengan kelemahan yang sangat minim.

  • Peluang.

Tak jarang orang pada akhirnya memilih pekerjaan sampingan sebagai kerja utama mereka. Hal ini dikarenakan mereka sudah menganalisa peluang usaha yang bisa didapatkan dengan pekerjaan tersebut. Bagi Anda yang masih mencari, jangan lupa memikirkan peluang jangka panjang dari sebuah pekerjaan, siapa tahu masa depan ekonomi Anda akan lebih cerah saat memilih pekerjaan tersebut.

  • Ancaman.

Setiap pekerjaan tentu memiliki resiko dan ancaman bagi pelakunya baik dari segi ekonomi maupun yang lainnya. Dengan memiliki pemahaman yang tepat tentang ancaman ini, maka Anda bisa menghindari resiko fatal  yang bisa ditimbulkan oleh pekerjaan tersebut.  Dan kalaupun pada akhirnya Anda memilih pekerjaan tersebut, setidaknya Anda bisa mengantisipasi setiap ancaman dengan cara yang tepat agar pekerjaan Anda tetap berjalan lancar.

Seperti kata pepatah, “tak kenal maka tak sayang”, para pen-cari kerja sampingan sudah seharusnya mengenal seluk beluk pekerjaan sebelum memutuskan untuk menggelutinya. Disitulah peran penting analisa usaha. Dengan demikian, pelaku kerja bisa benar-benar mendapatkan pekerjaan yang tepat dan menunjang seluruh aspek kehidupan, dan yang paling penting bisa mendukung pekerjaan utama yang selama ini digelutinya. Selamat mencoba!